Setujukah Anda???

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down

Emoticons Setujukah Anda???

Post by choirul_rozy on Fri May 16, 2008 12:14 am

Sore tadi (15/05) saya melihat infotaintment yang manyatakan bahwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) telah merespons keras tentang pemutaran film yang berjudul "ML" (Mau Lagi).Film ini merupakan salah satu karya anak bangsa.MUI melayangkan surat pemberitahuan menolak untuk diputarnya film tersebut, dikarenakan film tersebut tidak mendidik dan terkesan membawa dampak yang negatif terhadap kamu muda remaja pada khususunya.Bagaimana bisa MUI yang bukan suatu lembaga yang mengurusi dunia perfilman bisa melakukan ini?Disaat semua sineas - sineas insan perfilman menggalakkan "majukan dunia perfilman di Indonesia" MUI malah membendung langkah mereka untuk bisa bebas berekspresi.Sehingga pemeran dan crew dalam film tersebut merasa kecewa.Haruskah MUI ikut andl dalam hal seperti ini?Bagaimana dunia perfilman di Indonesia dapat maju jika semua dibendung oleh alasan tidak mendidik dan penuh kesan seks?Padahal kita tahu bahwa di dalam perfilman terdapat lembaga yang mengurusi hal tersebut LSF (Lembaga Sensor Film).Bagaimana tanggapan anda tentang ikut campur tanganya MUI di dunia perfilman Indonesia?

choirul_rozy
Senior Member
Senior Member

Male Jumlah posting : 312
Age : 29
Lokasi : Hot Citiesssssssss
Registration date : 17.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by senpai on Fri May 16, 2008 12:47 am

kalo menurut ane siii..
ane sii setuju ma MUI

karena jaman sekarang itu dibutuhkan pelem2 yang dapat mengajarkan akhlak - akhlak yang baik.






*tak sabar menunggu pelem "ketika cinta bertasbih"

senpai
Momod
Momod

Male Jumlah posting : 161
Age : 29
Lokasi : heroes city
Registration date : 19.04.08

Lihat profil user http://www.smuvi05.com

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by ko2 on Fri May 16, 2008 1:24 am

sebelum memberi jawaban setuju atau tidak
mungkin kita harus nentuin dulu kita membahas masalah ini berdasarkan atas aturan keagamaan/religi(baca norma agama)
atau
berdasarkan aturan kenegaraan(baca;UUD45)

_________________
Dari jauh..aku memandangmu..Lewat smua mata hatiku, mengagumimu..Lewat smua kisah tentangmu, kulukis engkau dalam tidurku
Dari jauh...
aku tititpkan hatiku padamu Walau kutahu... kau tak pernah tau

ko2
Senior Member
Senior Member

Male Jumlah posting : 206
Age : 33
Lokasi : heroes city
Registration date : 14.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by thuram0401 on Fri May 16, 2008 2:25 am

ko2 wrote:sebelum memberi jawaban setuju atau tidak
mungkin kita harus nentuin dulu kita membahas masalah ini berdasarkan atas aturan keagamaan/religi(baca norma agama)
atau
berdasarkan aturan kenegaraan(baca;UUD45)
maaf saya lebih setuju jika mui memberi saran bukan memakssakan saran karena memang dimana - mana yang namanya dunia film dan agama tidak bisa dilakuukan secara sejalan...apalagi yang namanya sebuah karya seni tidak bisa dibatasi kreativitasnya beda dengan pandangan agama yang mempunyai batasan2..nah untuk dunia perfilman indo ane lebih setuju jika LSF yang bertugas sesuai fungsinya tidak usah MUI ikut2an mengatur-atur...kita ini negara yang punya hukum dan hukum dinegara kita itu universal bukan dari satu jenis religi saja....maaf saya katakan begini dan mudah2an tidak ada yang tersinggung..semoga bisa jadi renungan kita bersama bahwasanyaTuhan itu maha tau dan maha bijaksana saudara....jauh lebih tahu dan jauh lebih bijak dari seorang manusia yang paling suci sekalipun didunia ini saudara.....nah kalo manusia yang paliing suci aja masih kalah tau dan kalah bijak dari Tuhan apalah artinya manusia seperti saya ini yang penuh dengan dosa dan kemudian menghakimi seseorang seolah2 diri saya ini yang paling benar....mudah2an maksud yang tersirat ini bisa diterima dengan baik oleh temen2...saya ingin Indonesia maju dengan segala perbedaan dan keanekaragaman yang ada....

thuram0401
Momod
Momod

Male Jumlah posting : 401
Age : 33
Lokasi : jogjakarta
Registration date : 07.03.08

Lihat profil user http://www.smartpulsa.info

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by Fernandes on Fri May 16, 2008 4:07 am

Mendingan seperti apa yg dibilang sama azis...
Diteliti dulu, kita mau ngeliat dari sudut pandang mana dulu nih...
Jangan sampai melanggar aturan dalam forum ini...
Diliat dari sudut pandang seni aja...
Thanks... Laughing

_________________

Fernandes
Admin
Admin

Male Jumlah posting : 354
Age : 30
Lokasi : Jogja, Asrama Bontang
Registration date : 26.02.08

Lihat profil user http://www.chegwnandes.blogspot.com

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by choirul_rozy on Fri May 16, 2008 8:15 am

susah juga sech yach...........tapi gini aka deh gimana kalo anda menilainya dari kedua sisi?jadi baik dari sisi agama maupun dari sisi UUD seperti yang dikatakan oleh saudara azies?yang jelas keduanya memberikan hasil yang berbeda....bukan begitu? Cool Cool Cool Cool

choirul_rozy
Senior Member
Senior Member

Male Jumlah posting : 312
Age : 29
Lokasi : Hot Citiesssssssss
Registration date : 17.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by ko2 on Fri May 16, 2008 3:22 pm

gini deh;
aku bisanya mandang dari segi UUD,abis aku blom jadi anggota MUI so blom brani mandangnya dari sisi agama.

menurut pandangannku MUI seharus hanya mengingatkan kepada umat yg membuat dan calon peni'mat film ini saja, bukan tiba2 harus melarang ditampilkannya film ini

_________________
Dari jauh..aku memandangmu..Lewat smua mata hatiku, mengagumimu..Lewat smua kisah tentangmu, kulukis engkau dalam tidurku
Dari jauh...
aku tititpkan hatiku padamu Walau kutahu... kau tak pernah tau

ko2
Senior Member
Senior Member

Male Jumlah posting : 206
Age : 33
Lokasi : heroes city
Registration date : 14.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re : Setujukah Anda

Post by azaivoclar on Fri May 16, 2008 9:00 pm

Ass..
Kalo menurut saya.. MUI bisa lebih bijak dengan adanya film ini.. jangan langsung di larang.. tapi di tonton dulu ma mereka.. dan apakah sudah sangat melenceng dari norma agama atau tidak...

Tapi coba tanyakan dulu ma anggota2 MUI.. apakah mereka2 itu ketika masih muda senang dengan tontonan seperti itu?? tapi mau gmana lagi pada saat mereka2 muda blom ada bioskop sekelas 21 yang memutar film2 karya anak bangsa dan film orang putih.. (baca : Luar Ngerii)

wassalam..

azaivoclar
Junior Member
Junior Member

Male Jumlah posting : 56
Age : 28
Lokasi : Bung Tomo punya kota!!
Registration date : 15.05.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons stuju ato tidak... ga ada pelm laen apa...

Post by deden on Sat May 17, 2008 8:23 pm

terlepas dari MUI dan sgala macem dan demo-demo,,,,

pndapatku gini,
pemain seperti biasa yang mainin virgin,,, si ratu Pelisa,,, aktingnya gitu2 aja, karakter masih sama, ga da yg spesual,,,
tentang film sendiri = tentang produser,,, si shanker,,,
bikin film hantu aja maksa bgt,,, sjak dari itu klo ada film indo trus produsernya ya dia... lebih bae nonton kartun di rumah... kbanyakan produksi dia ga bgtu mutu... sori, bung shanker,,, ni pndptku aja, penonton brhak menilai... What a Face What a Face What a Face

sesuai judul reply... mang ga ada pelm indo yang bagus apa selain ML...

deden
Junior Member
Junior Member

Male Jumlah posting : 58
Age : 29
Registration date : 02.05.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by desti putri on Sun May 18, 2008 9:44 pm

choirul_rozy wrote:susah juga sech yach...........tapi gini aka deh gimana kalo anda menilainya dari kedua sisi?jadi baik dari sisi agama maupun dari sisi UUD seperti yang dikatakan oleh saudara azies?yang jelas keduanya memberikan hasil yang berbeda....bukan begitu? Cool Cool Cool Cool

iyachh2.. bner..ni mnurutq low yachh..
yachhh klo dr sisi religi, MUI bner.. dilarang untuk tetap mnjaga akhlak2 manusia.. krn mngkin mksd mreka supaya Indonesia jg g bnyak nambah korban lg stlah nnton beginian (brkaitan dg sex-lah)... tapi jgn trlalu brlebihan jg..

naghh tapii siy sesuai dh namanya "FILM", sebuah krya seni... mw gmn jg tetep seni yg pnya arti kebebasan... n sah2 ajchh... dan pastinya org yg bwt film jg pnya alasan sndiri kan dr awal knp filmnya dbwt...
sapa tw jg bisa dbwt jd plajaran.. heuheu.. jd pura'nya ikut yg mnurut seni ajchh...Very Happy

desti putri
Senior Member
Senior Member

Female Jumlah posting : 155
Age : 26
Lokasi : Bontang, East Borneo
Registration date : 26.02.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by senpai on Tue May 20, 2008 9:29 pm

menurut ane..
pelem2 sekarang tuh hanya mengejar uang saja
memang sii maksud para filmmaker tuh agar bis balik modal n dapat untung.
Mad Mad Mad Mad Mad Mad Mad

tapi kapan pelem kita akan diliat oleh dunia ???
mungkin dengan film.. indonesia dapat dsejajarkan dengan industri film dari luar negeri sono.

maybe dengan film juga kita dapat mengenalklan kebudayaan kita yg beragam ke luar.
indonesia suda ada potensi.


oia seingat ane..
pelem denias dolo masuk dalam nominasi festival film cannes namun blum menang.
tapi itu sebuah prestasi.

cheers cheers cheers

senpai
Momod
Momod

Male Jumlah posting : 161
Age : 29
Lokasi : heroes city
Registration date : 19.04.08

Lihat profil user http://www.smuvi05.com

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by ndahh wq on Fri May 23, 2008 1:58 pm

iya ky salah satu statement dr 2 sineas qt d Indonesia,

monty tiwa :
"yah qt sih liat pasar, pasar sukanya apa y qt bikin. ky komedi, horor, dan seks."
hanung :
"g perlu ada seks2nya jg kalo film itu laris y laris ajaa.. lagian masyarakat dah pinter kok milih mana film brkualitas sama g.."

nah itu jg dah salah 1 contoh ada sineas yg ngertinya cm pasar, sama yg ngerti pasar tp tanggung jawab moral bangsa jg g diabaikan..

sbnrnya mo MUI ikut2an jg klo yg nonton msh g pinter milih film jg g ngaruh..
mndingan MUI g turut campur tp qt balikin k pnontonnya aj utk lebih pinter milih film bgs+baik.
klo masyarakatny g bli film2 sampah kan lama2 sineasnya capek sndiri bikin film2 g mutu.. film2 yg cm bkin kntroversi stelah dibuat.. film yg akhrnya cm buang2 duit produsernya..

knp mesti MUI? knp g dari qt sndiri aj sbg yg diterpa oleh film2 utk lbh bijak mmilih tntonan brkualitas?

jd mnurutku MUI, LSF, apa2 lah yg mndeklarasikan dirinya sbg pngntrol masyarakat itu g ada gunanya klo dikaitkan dgn produk seni film Indonesia.. gmn dnk?
Smile

ndahh wq
Junior Member
Junior Member

Female Jumlah posting : 50
Age : 30
Lokasi : bandung bontang pulang pergi
Registration date : 16.04.08

Lihat profil user http://bintangindahslaluterang.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by choirul_rozy on Fri May 23, 2008 3:14 pm

sbnrnya mo MUI ikut2an jg klo yg nonton msh g pinter milih film jg g ngaruh..
mndingan MUI g turut campur tp qt balikin k pnontonnya aj utk lebih pinter milih film bgs+baik.
klo masyarakatny g bli film2 sampah kan lama2 sineasnya capek sndiri bikin film2 g mutu.. film2 yg cm bkin kntroversi stelah dibuat.. film yg akhrnya cm buang2 duit produsernya..

knp mesti MUI? knp g dari qt sndiri aj sbg yg diterpa oleh film2 utk lbh bijak mmilih tntonan brkualitas?

jd mnurutku MUI, LSF, apa2 lah yg mndeklarasikan dirinya sbg pngntrol masyarakat itu g ada gunanya klo dikaitkan dgn produk seni film Indonesia.. gmn dnk?

pada dasarnya sech memang semua tergantung penonton selama penonton bisa memilih tayangan film2 yang baik. tapi yang jadi masalah disini lembaga MUI yang gak berhak atas film tersebut turut campur dalam menentang film2 itu karena film tersebut mengandung unsur yang tidak baik (baca:pandangan MUI) seharusnya larangan film tersebut diputar atau tidak bukan dari MUI melainkan dari LSF yang mempunyai hak secara langsung menilai apakah film tersebut dapat diputar atau tidak ke pasaran bukan malah MUI. terus yang kedua menurut indah atau siapa aja deh tayangan yang baik itu yang seperti apa? dan bagaimana? (sekalian buat tugas kuliah nech)

choirul_rozy
Senior Member
Senior Member

Male Jumlah posting : 312
Age : 29
Lokasi : Hot Citiesssssssss
Registration date : 17.04.08

Lihat profil user

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by ndahh wq on Fri May 23, 2008 4:26 pm

choirul_rozy wrote:
sbnrnya mo MUI ikut2an jg klo yg nonton msh g pinter milih film jg g ngaruh..
mndingan MUI g turut campur tp qt balikin k pnontonnya aj utk lebih pinter milih film bgs+baik.
klo masyarakatny g bli film2 sampah kan lama2 sineasnya capek sndiri bikin film2 g mutu.. film2 yg cm bkin kntroversi stelah dibuat.. film yg akhrnya cm buang2 duit produsernya..

knp mesti MUI? knp g dari qt sndiri aj sbg yg diterpa oleh film2 utk lbh bijak mmilih tntonan brkualitas?

jd mnurutku MUI, LSF, apa2 lah yg mndeklarasikan dirinya sbg pngntrol masyarakat itu g ada gunanya klo dikaitkan dgn produk seni film Indonesia.. gmn dnk?

pada dasarnya sech memang semua tergantung penonton selama penonton bisa memilih tayangan film2 yang baik. tapi yang jadi masalah disini lembaga MUI yang gak berhak atas film tersebut turut campur dalam menentang film2 itu karena film tersebut mengandung unsur yang tidak baik (baca:pandangan MUI) seharusnya larangan film tersebut diputar atau tidak bukan dari MUI melainkan dari LSF yang mempunyai hak secara langsung menilai apakah film tersebut dapat diputar atau tidak ke pasaran bukan malah MUI. terus yang kedua menurut indah atau siapa aja deh tayangan yang baik itu yang seperti apa? dan bagaimana? (sekalian buat tugas kuliah nech)

y tu dy mas mslhny, LSF itu kdg2 gtau d diri jg, bawa2 nama moral tp agama yg djadikan dasar..
wlopun dlm agama ad aturan ttg moral, cm kan qt hdup d dunia yg agama dan kyakinanny bragam.
g bs praturan dr perspektif agama trtentu dgunakan utk mngatur moral bragam umat yg brbeda2 atas nama sensor film dst..
sama ky klo qt mmandang filsafat lah, klo dah pake2 agama y yg ad bunuh diri..

singkatnya, perspektif film yg baik itu mcm2,
dilihat dr visualnya, narasinya, dialog, karakter pnokohan, dan sjauh mana kemampuan menyampaikan pesan ke penontonnya.
tiap film pasti py pesan d dlmnya, sburuk2 film skalipun pasti py. krn tjuan pmbuat film bkin film memang utk mnympaikan pesan k masyarakat mngenai sesuatu.
bwt ngebedah makna/pesan film lbh dlm qt bs pake semiotika, utk nyari mitos2 dr adegan, ideologi, dsb.

biasany sih mo yg maen keren klo pesanny trlalu standar, scara umum blm bs dbilang film baik.
tp biar pmainny g trkenal pun tp pesannya nyampe dan ngena, itulah film yg sgt berhak dikategorikan baik.

jadi film yg baik itu lebih dilihat pada 'pesan yg tersampaikan', drpd skedar khebatan visual, kmampuan mnggunakan aktor trkenal, aplg kmampuan mndapatkan keuntungan dr pasar semata, dst..

prnah nnton film dokumenter kan? pnggambaran fakta yg g butuh aktor terkenal g butuh sensor dan g butuh laris d pasar tp mampu bikin yg nonton terdiam takjub kaget sadar diri belajar dsb.. itu krn yg diutamakan adalah pesan/makna dr film tsb bagi masyarakat.

itu dy knp mnyikapi film itu g perlu MUI dan LSF..
art is what u cant define..
biarlah pmbuat karya bebas berkarya, dan qt aj lah sbg pnonton yg mesti bijak dlm mnyikapi film..

ndahh wq
Junior Member
Junior Member

Female Jumlah posting : 50
Age : 30
Lokasi : bandung bontang pulang pergi
Registration date : 16.04.08

Lihat profil user http://bintangindahslaluterang.blogspot.com/

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by thuram0401 on Fri May 23, 2008 5:09 pm

ndahh wq wrote:
choirul_rozy wrote:
sbnrnya mo MUI ikut2an jg klo yg nonton msh g pinter milih film jg g ngaruh..
mndingan MUI g turut campur tp qt balikin k pnontonnya aj utk lebih pinter milih film bgs+baik.
klo masyarakatny g bli film2 sampah kan lama2 sineasnya capek sndiri bikin film2 g mutu.. film2 yg cm bkin kntroversi stelah dibuat.. film yg akhrnya cm buang2 duit produsernya..

knp mesti MUI? knp g dari qt sndiri aj sbg yg diterpa oleh film2 utk lbh bijak mmilih tntonan brkualitas?

jd mnurutku MUI, LSF, apa2 lah yg mndeklarasikan dirinya sbg pngntrol masyarakat itu g ada gunanya klo dikaitkan dgn produk seni film Indonesia.. gmn dnk?

pada dasarnya sech memang semua tergantung penonton selama penonton bisa memilih tayangan film2 yang baik. tapi yang jadi masalah disini lembaga MUI yang gak berhak atas film tersebut turut campur dalam menentang film2 itu karena film tersebut mengandung unsur yang tidak baik (baca:pandangan MUI) seharusnya larangan film tersebut diputar atau tidak bukan dari MUI melainkan dari LSF yang mempunyai hak secara langsung menilai apakah film tersebut dapat diputar atau tidak ke pasaran bukan malah MUI. terus yang kedua menurut indah atau siapa aja deh tayangan yang baik itu yang seperti apa? dan bagaimana? (sekalian buat tugas kuliah nech)

y tu dy mas mslhny, LSF itu kdg2 gtau d diri jg, bawa2 nama moral tp agama yg djadikan dasar..
wlopun dlm agama ad aturan ttg moral, cm kan qt hdup d dunia yg agama dan kyakinanny bragam.
g bs praturan dr perspektif agama trtentu dgunakan utk mngatur moral bragam umat yg brbeda2 atas nama sensor film dst..
sama ky klo qt mmandang filsafat lah, klo dah pake2 agama y yg ad bunuh diri..

singkatnya, perspektif film yg baik itu mcm2,
dilihat dr visualnya, narasinya, dialog, karakter pnokohan, dan sjauh mana kemampuan menyampaikan pesan ke penontonnya.
tiap film pasti py pesan d dlmnya, sburuk2 film skalipun pasti py. krn tjuan pmbuat film bkin film memang utk mnympaikan pesan k masyarakat mngenai sesuatu.
bwt ngebedah makna/pesan film lbh dlm qt bs pake semiotika, utk nyari mitos2 dr adegan, ideologi, dsb.

biasany sih mo yg maen keren klo pesanny trlalu standar, scara umum blm bs dbilang film baik.
tp biar pmainny g trkenal pun tp pesannya nyampe dan ngena, itulah film yg sgt berhak dikategorikan baik.

jadi film yg baik itu lebih dilihat pada 'pesan yg tersampaikan', drpd skedar khebatan visual, kmampuan mnggunakan aktor trkenal, aplg kmampuan mndapatkan keuntungan dr pasar semata, dst..

prnah nnton film dokumenter kan? pnggambaran fakta yg g butuh aktor terkenal g butuh sensor dan g butuh laris d pasar tp mampu bikin yg nonton terdiam takjub kaget sadar diri belajar dsb.. itu krn yg diutamakan adalah pesan/makna dr film tsb bagi masyarakat.

itu dy knp mnyikapi film itu g perlu MUI dan LSF..
art is what u cant define..
biarlah pmbuat karya bebas berkarya, dan qt aj lah sbg pnonton yg mesti bijak dlm mnyikapi film..
luar biasa bijaksana sekali dan sangat dewasa pemikirannya...ane salut...ikutan ahh...setuju ane sama pendapat neng indah Smile

_________________
http://www.hmbjogja.org
http://www.smartpulsa.info
http://www.jayasemadhi.com
http://www.mlmtopbergaransi.jayasemadhi.com
http://www.suksesfinansial.jayasemadhi.com
Tidak Semua Tindakan Membawa Kebahagiaan... Tapi TidaK Ada Kebahagiaan Tanpa Tindakan.......

thuram0401
Momod
Momod

Male Jumlah posting : 401
Age : 33
Lokasi : jogjakarta
Registration date : 07.03.08

Lihat profil user http://www.smartpulsa.info

Kembali Ke Atas Go down

Emoticons Re: Setujukah Anda???

Post by Sponsored content Today at 8:39 pm


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik